WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan kepada kami apapun!
Hai, ada yang bisa saya bantu?
Tips

Cara Mengeluarkan Oli Mobil

Mengganti oli dan saringan oli mesin adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan untuk menjaga kondisi mobil Anda. Seiring waktu, oli mesin akan menurun kualitasnya dan saringan oli akan penuh dengan kotoran. Tergantung pada kebiasaan menyetir dan tipe mesin mobil Anda, jangka waktunya bisa berkisar dari 3 bulan atau sekitar 5000 km sampai pada 24 bulan atau sekitar 32.000 km (pastikan sesuai dengan petunjuk penggunaan kendaraan Anda untuk jangka waktu servis). Untungnya, mengganti oli adalah pekerjaan yang mudah dan murah. Jadi, lebih cepat Anda mengganti oli Anda saat dibutuhkan, lebih baik. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengeluarkan oli dari mobil. Berikut langkah langkah nya.

1. Angkat mobil Anda. Gunakan dongkrak dan penyangga. Pada permukaan yang datar pasang rem tangan dan dongkrak mobil Anda, tahan dengan penyangga. Posisi penyangga yang salah akan dapat merusak mobil Anda, jadi pastikan Anda telah membaca buku petunjuk mobil Anda. Dan juga amat berbahaya untuk bekerja di bawah mobil yang berdiri di atas dongkrak, jadi pastikan Anda meletakkan mobil Anda pada penyangga.
Jika Anda menggunakan dongkrak untuk mengangkat kendaraan Anda, pastikan untuk mengganjal roda mobil Anda dengan balok. Minta agar seseorang memandu Anda saat menaikkan dongkrak, untu memastikan Anda tidak kebablasan.

2. Panaskan mobil Anda sejenak agar oli menjadi hangat.
2 sampai 3 menit sudah cukup untuk membuat oli sedikit encer dan akan mengalir lebih cepGambar berjudul Change the Oil in Your Car Step 2at. Partikel padat dari kotoran akan tercampur pada oli dan cenderung mengendap saat oli dingin. Biarkan mengalir, sehingga bagian silinder akan bersih seluruhnya.

  • Pada saat mesin masih hidup, siapkan alat-alat yang diperlukan. Anda akan perlu oli yang baru, saringan oli baru, baki dan kertas koran bekas untuk menampung oli bekas, dan mungkin kunci sok dan senter. Baca petunjuk mobil Anda untuk memastikan jenis oli dan saringan yang diperlukan.

Bengkel mobil akan bisa menjelaskan apa jenis oli dan saringan oli yang Anda butuhkan sepanjang Anda bisa menyebutkan merk dan model mobil Anda.

3. Buka penutup oli. Buka kap mesin dan cari posisi penutup oli yang ada pada bagian atas mesin Anda. Di sinilah Anda akan menambahkan oli baru setelah oli lama dibuang. Dengan membuka tutup oli ini, oli lama akan lebih mudah mengalir karena ada aliran udara di bagian atas silinder.

4. Cari bak oli. Di bagian bawah mesin, cari bak datar yang posisinya lebih dekat ke mesin. Ada baut penutup di bagian dasarnya. Baut penutup inilah yang harus Anda buka untuk membuang oli lama. Letakkan baki dan beberapa lembar koran bekas tepat di bawah lubang pembuangan itu untuk menampung oli lama.

  • Jika Anda tidak bisa mengetahui yang mana bak oli dan bak transmisi, coba nyalakan mesin selama lima sampai sepuluh menit. Baut penutup oli akan terasa panas. Bak transmisi tidak akan terasa panas.
5. Buka baut penutup. Kendurkan dengan memutar berlawanan dengan arah jarum jam. Gunakan kunci sok apabila Anda memiliki ruangan untuk

Gambar berjudul Change the Oil in Your Car Step 5

bergerak. Anda juga harus membuka dan mengganti seal kertas pada baut tersebut, namun apabila segell terbuat dari logam, maka ini dapat digunakan kembali apabila kondisinya masih bagus.Oli akan segera mengalir dari bak setelah Anda membukanya, dan alirannya akan sedikit miring, agak sulit untuk ditampung. Begitu Anda telah mengendurkan baut dengan menggunakan kunci, bukalah secara keseluruhan menggunakan tangan. Pastikan Anda menempatkan baki dan koran bekas dibawahnya sebelum Anda buka bautnya. Juga hati-hatilah, jangan sampai baut tercelup ke dalam baki berisi oli, karena akan susah untuk diambil kembali. Jika Anda menjatuhkannya ke dalam baki, gunakan magnet untuk mengambilnya. Idealnya, gunakan semacam batang bermagnet pada bagian ujungnya.

Cara lain untuk “menyelamatkan” baut penutup adalah dengan memanfaatkan corong. Ambil baut dengan menggunakan corong, begitu baut jatuh ke dalam corong, ambil segera.

Jika Anda perlu alat untuk melepaskan baut oli, bagian yang berbentuk seperti pipa pada kunci sok bisa dimanfaatkan. Kalau sampai perlu menggunakan alat ini, berarti bautnya terlalu kencang.

Dalam proses ini, tangan dan baju Anda bisa jadi akan berlumuran oli. Untuk meringankan tugas Anda dalam membersihkan garasi Anda nantinya, letakkan beberapa lembar koran bekas agar ceceran oli tidak terlalu mangotori lantai.

6. Tunggu. Perlu beberapa menit sebelum semua oli lama keluar dari lubang pembuangan. Pada saat oli telah keluar semua, pasang kembali baut penutup. kencangkan dulu dengan tangan agar alur baut tetap aman, kemudian kencangkan kembali dengan kunci pas. Jangan lupa mengganti seal baut nya bila perlu.

  • Pada saat Anda mengintip di bagian kolong mesin mobil, coba cari semacam silinder berwarna biru atau putih. Itulah saringan oli. Inilah yang berikutnya akan Anda ganti.

sumber : Cara Mengganti Oli Mesin Mobil

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close