Tempat Wisata

KERATON TAMAN SARI YOGYAKARTA

Keraton Taman Sari Yogyakarta

Kota Pelajar Yogyakarta

tidak hanya nyaman di hati, namun juga punya banyak objek wisata sejarah yang menarik. Salah satunya adalah komplek pemandian Sultan Yogya bernama Taman Sari yang dahulu berfungsi sebagai kebun istana.

Tamansari yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton yogyakarta Hadiningrat.
Awalnya, taman yang mendapat sebutan “The Fragrant Garden” ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air.
Bangunan tersebut dimaksudkan sebagai bangunan yang dapat dipergunakan untuk menenteramkan hati, istirahat, dan berekreasi.
Istana ini dulunya dikelilingi segaran (danau buatan) dan dipenuhi aroma wewangian yang berasal dari bunga-bunga yang ditanam di pulau-pulau buatan di sekitarnya. Saat ini temen-temen memang sudah tidak bisa menyaksikan hal tersebut. Namun sisa-sia kecantikan bangunan tersebut masih dapat dilihat oleh yang berkunjung.

Taman Sari Yogyakarta kolam yg indah

 

Taman Sari terbagi menjadi 4 bagian, yaitu :
– Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat.
– Bagian kedua adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun.
– Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua.
– Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.

Taman Sari Yogyakarta kolam yg sangat menakjubkan
Taman Sari Yogyakarta kolam peninggalah yg sangat menarik

Istana Air Taman Sari terletak di kompleks Njeron Beteng, tak jauh dari Keraton Yogyakarta. Dari Malioboro tempat ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau naik becak. Lokasinya yang tersebunyi di kompleks perkampungan warga sering menjadikan wisatawan sedikit bingung saat ingin mengunjungi Taman Sari. Padahal tempat ini sangat mudah dicapai.

Ada dua cara untuk sampai ke tempat ini. Yang pertama adalah melewati Pasar dan Plaza Ngasem. Silahkan masuk dan temukan gang KP III. Dari gang tersebut belok kiri dan jalan kaki sekitar 200 m. Pulo Kenongo sudah menyambut Anda. Sedangkan jika ingin masuk memalui gerbang utama, dari Pasar Ngasem naik becak ke arah Alun-alun Selatan. Kurang lebih 0,5 km akan bertemu dengan Jln Tamansari.

Taman Sari Yogyakarta
pemandangan yang indah

HAPPY HOLIDAYS, FELLAS !

Tags
Show More
Close