Tips

Cara Mengganti Saringan Oli

 

  • Gambar berjudul Change the Oil in Your Car Step 7Temukan posisi saringan oli. Saringan tidak berada pada posisi yang sama, jadi bisa saja di bagian depan, belakang atau samping dari mesin, tergantung jenis mobilnya. Lihat saja filter baru yang akan Anda pasang, seperti itulah benda yang harus Anda temukan. Umumnya, saringan oli berwarna putih, biru atau hitam, berbentuk silinder sepanjang 10-15 cm dan lebarnya sekitar 8 cm, seperti kaleng makanan.

    Beberapa jenis mobil seperti BMW, Mercedes, Volvo model baru, mungkin memiliki saringan berbentuk elemen atau cartrige, bukan berbentuk silinder yang diputar. Anda harus membuka tutup bak penampung saringan dan mengangkat saringannya.

 

  • Gambar berjudul Change the Oil in Your Car Step 8Lepaskan saringan oli. Pegang dengan kuat dan putar perlahan berlawanan dengan arah jarum jam. Lapisan plastik dan minyak akan membuat tabung saringan oli menjadi licin, gunakan kain atau sarung tangan kasar untuk membantu proses pembukaan saringan. Alat pembuka filter biasanya berupa sabuk karet untuk menggenggam tabung saringan, dimana Anda bisa membuatnya dari fanbelt bekas yang mungkin Anda temukan di garasi Anda.
    Pastikan baki penampung oli lama masih berada di tempatnya. Mungkin masih ada sedikit oli yang terdapat pada tabung saringan yang akan mengalir saat saringan dibuka.

    Saat mencopot saringan oli, pastikan seal karet berbentuk lingkaran juga ikut terlepas. Apabila masih menempel pada mesin, saringan baru mungkin tidak akan bisa rapat dan oli akan bocor. Jadi, kalau masih menempel, tarik saja perlahan menggunakan jari atau cungkil dengan obeng untuk melepaskan bagian yang lengket.
    Untuk mencegah kebocoran yang terlalu besar saat membuka filter, Anda bisa membungkusnya dulu dengan kantong plastik, untuk menampung oli yang mengalir, balikkan saringan oli dan biarkan di dalam plastik.

 

  • Gambar berjudul Change the Oil in Your Car Step 9Siapkan saringan baru. Celupkan ujung jari Anda ke dalam oli yang baru, dan oleskan pada sekitar seal lingkaran pada saringan baru, untuk melumasinya dan membentuk sekat yang baik, dan memudahkan untuk dilepas di kemudian hari.

    Anda juga bisa menuangkan sedikit oli ke dalam saringan oli baru sebelum dipasang kembali ini akan mengurangi waktu yang diperlukan olehmesin mobil untuk mendapatkan kembali tekanan oli yang cukup. Apabila saringan oli terpasang dalam posisi vertikal, Anda bisa mengisinya hingga hampir penuh, Jika posisinya miring, oli mungkin akan tumpah sedikit saat pemasangan saringan oli.

 

  • Gambar berjudul Change the Oil in Your Car Step 10
    Pasang saringan oli baru yang telah dilumasi dengan hati-hati, jangan sampai alur nya rusak. Pada umumnya, ada petunjuk seberapa kencang Anda bisa memasang saringan itu. Coba lihat spesifikasi pada kotaknya untuk petunjuk yang lebih spesifik. Pada umumnya, Anda harus mengencangkan filter hingga segel menyentuh mesin dan putar seperempat putaran lagi.

 

 

Sumber : Cara Mengganti Oli Mesin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close