Tips

Cara Menuangkan Oli Mobil

Salah Satu cara merawat mobil adalah menggati oli mobil tersebut secara berkala. Berikut adalah cara menuangkan oli mobil.

  • Gambar berjudul Change the Oil in Your Car Step 11Tuangkan oli baru ke dalam lubang pengisian. Jumlahnya harus sesuai dengan petunjuk penggunaan mobil Anda, pada umumnya di bagian “kapasitas”.

Jika Anda menuangkan oli dengan posisi mulut botol masih di atas, oli akan mengalir lebih lembut tanpa gelembung udara.

Pastikan Anda menggunakan oli yang benar. Pada umumnya, Anda bisa menggunakan oli 10W-30, namun Anda harus memastikannya dengan membaca petunjuk pemakaian mobil, atau mekanik yang berpengalaman di bengkel.

Jangan selalu mempercayai tanda pengukur oli untuk ukuran yang tepat. Hasilnya bisa salah, terutama jika mesin baru saja berhenti berputar. (Tanda ini akan menampilkan jumlah oli yang kurang, karena masih banyak oli berputar dalam mesin). Jika Anda ingin memeriksa dengan akurat, lakukan di pagi hari saat mobil diparkir dalam permukaan yang datar, dan kondisi mesin dingin.

  • Gambar berjudul Change the Oil in Your Car Step 12Pasang kembali tutup pengisian oli. Periksa apakah masih ada alat alat yang tertinggal di sekitar mesin.

Bagus juga untuk melap tetesan-tetesan oli sebersih mungkin. Meskipun ini tidak berbahaya, namun tetesan oli pada mesin akan menguap dan menimbulkan asap saat mesin menjadi panas, yang mungkin akan membuat Anda panik, dan juga menimbulkan bau tidak sedap.

 

 

 

  • Gambar berjudul Change the Oil in Your Car Step 13Nyalakan mesin. Pastikan lampu indikator tekanan oli mati setelah mesin menyala. Poisisikan persneling pada netral dan rem tangan terpasang, lalu periksa apakah ada tetesan oli dari mesin, Jika saringan oli atau baut penutup oli kurang kencang, mungkin kebocoran akan terjadi. Nyalakan mesin Anda sebentar untuk meningkatkan tekanan dan pastikan semua bagian telah terpasang baik.

 

 

 

  • Gambar berjudul Change the Oil in Your Car Step 14Reset lampu indikator penggantian oli. Ini mungkin bebeda caranya tergantug merk dan jenis mobil Anda. Jadi, periksa buku petunjuk pemakaian mobil Anda untuk cara yang benar. Untuk mobil keluaran GM, misalnya, Anda harus mematikan mesin dan menyalakan kunci kontak tanpa menyalakan mesin. Kemudian, tekan pedal gas tiga kali masing masing sepuluh detik. pada saat mesin menyala, lampu indikator penggantian oli telah direset.

 

 

Sumber : Cara Mengganti Oli Mesin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close