Home > Blog > Transformasi Mobil Innova

Transformasi Mobil Innova

by | Oct 12, 2023 | Blog | 0 comments

Rekomendasi rental mobilmu!

Rp 325.000 / Hari

2018

1300 cc

Rp 375.000 / Hari

2020

1300 cc

Rp 325.000 / Hari

2018

1300 cc

Rp 375.000 / Hari

2020

1300 cc

Mobil Innova Generasi Pertama

Tahun 2004 untuk pertama kalinya Innova hadir untuk publik

Di tahun 2004, untuk pertama kalinya mobil Innova diluncurkan kepada publik. Mobil Innova hadir dengan tampilan baru dan desain yang lebih fresh dari mobil Kijang sebelumnya. Di Indonesia sendiri mobil Innova ini dipasarkan sebagai Kijang generasi kelima dengan nama Kijang Innova. Seiring berjalannya waktu kita akan melihat transformasi mobil Innova.

Mobil Innova pada generasi pertama hadir di tahun 1999 yang dikembangkan oleh Kaoru Hosokawa. Ia merupakan seorang chief enginner dan product planning dari Toyota Commercial Vehicle Development Center. Mulanya Innova generasi pertama ini memiliki ukuran yang lebih lebar dan lebih panjang dari mobil Kijang sebelumnya.

Sedangkan untuk sistem keselamatan, tentu saja Innova memberikan teknologi yang terbaru yaitu dengan menggunakan throttle by wire dan VVT-i. Akhirnya mobil ini sudah menggunakan suspensi depan dengan tipe Independent Double Wishbone yang disertai pegas koil dan stabilizer. Dan bagian suspensi belakang yang sudah menggunakan sistem multi link solid axle dengan lateral rod.

Pada bagian mesin, Innova generasi pertama ini memiliki tiga pilan mesin. Untuk model dengan mesin bensin terdapat dua jenis yaitu 1TR – FE dengan kapasitas mesin 2.000cc. Spesifikasi detail yaitu 4-segaris, DOHC, 16-katup dengan VVT-i yang bertenaga 100 kW (134 hp; 136 PS). Pilihan kedua yaitu, 2TR-FE berkapasitas 2.700cc. Dengan spesifikasi detail yaitu 4-segaris, DOHC, 16-katup dengan VVT-i yang bertenaga 118 kW (158 hp; 160 PS). Sementara untuk model dengan mesin diesel yaitu 2KD-FTV dengan kapasitas 2.500cc. Untuk spesifikasi detail yaitu, 4 – segaris, D- 4D dengan direct injection 4-stroke diesel turbocharger common rail tanpa intercooler yang memiliki tenaga 75 kW (101 hp; 102 PS).

Perkembangan Innova Dari Tahun ke Tahun

Dari tahun 2004 hingga tahun 2022 Innova terus berkembang dan melakukan inovasi terbaru

Pada tahun 2004, Indonesia memperkenalkan mobil kijang untuk pertama kalinya. Toyota terus melakukan transformasi mobil Innova. Mobil pertama ini memiliki tiga tipe yaitu E,G dan V dengan pilihan mesin 2.000 cc bensin atau 2.500 cc diesel. Tipe E dan G menggunakan setir jenis Kijang Kapsul facelift kedua, sedangkan tipe V menggunakan setir model Alphard generasi pertama.

Tahun 2005, Toyota Astra Motor kembali merilis Kijang Innova dengan mesin berkapasitas 2.700 cc bensin. Innova keluaran kedua ini memiliki julukan ‘Kijang Arab’. Faktanya mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem keselamatan yang cukup memadai yaitu dengan menggunakan Dual SRS Airbag dan ABS. Jika di tahun 2005, Innova hadir dengan sistem keselamatan, berbeda halnya di tahun 2011.

Kijang Innova kembali melakukan facelift untuk kedua kalinya di tahun 2011. Hasil upgrade terlihat pada bagian kap mesin, fender depan, lampu utama, lampu belakang serta grille depan. Akhirnya mobil Innova ini memiliki julukan ‘Grand New Kijang Innova’. Selanjutnya di tahun 2013, julukan ‘Innova Barong’ hadir dengan hasil facelift. Hasil yang dapat dilihat pada bagian grille depan yang lebih besar, redesain bumper depan, garnish pada bagian pintu belakang. Tak hanya itu Innova kembali mengupdate bagian Dual SRS Airbags dan Seatblet depan dengan pretensioner dan force limiter.

Tahun 2015, Toyota kembali mengeluarkan Innova baru dengan julukan Innova Reborn. Innova ini menjadi generasi kedua yang dikeluarkan oleh Toyota, mobil ini terdapat tiga tipe yaitu G, V dan Q. Tak berselang lama ditahun 2017, Innova tipe 2.4 Q diganti menjadi Venturer. Sedangkan di tahun 2022, Innova mengganti tipe V dan Venturer menjadi Innova Zenix tipe V dan Q Hybrid. Inilah hasil dari transformasi mobil Innova yang terus berkembang.

Kelebihan dari Mobil Innova

Innova selalu memiliki fitur yang canggih dan kabin yang luas

Toyota Kijang Innova memiliki model yang sudah teruji dari setiap generasi. Desain yang diberikan oleh Innova selalu terlihat mewah dan elegan bahkan memiliki unsur yang sporty.

Mobil Innova juga memiliki fitur terbaru dan lengkap. Fitur keselamatan yang ada di mobil Innova selalu melakukan update seperti terdapat Dual SRS Airbags, Curtain Shield Airbags, Side Airbags dan Knee Airbags. Tidak hanya itu hadir juga fitur side impact beam, collapsible stering column, seat belt pretensioner dan force limiter. Tidak hanya dari segi fitur keselamatan, fitur hiburan juga hadir terdapat 8 inci pada LCD, seat back table untuk oenumpang di baris kedua serta socket daya untuk charge di baris kedua. Serta untuk Innova yang baru sudah ramah anak, dengan hadirnya fitur ISOFIX serta smart entry.

Innova hadir dengan kabin yang luas. Mobil Innova yang dianggap sebagai mobil keluarga tentunya mementingkan kepuasan atas pembelinya dengan menghadirkan kabin yang luas untuk kenyamanan para penumpang.

Sparepart dan perawatan yang mudah untuk mobil Innova. Innova hadir dari perusahaan otomotif yang besar yaitu Toyota tentunya akan terasa mudah dalam mencari sparepart karena saat ini sudah memiliki bengkel yang tersebar luas di seluruh Indonesia.